Monday, February 17, 2014

Kereta Rel Listrik



1. Satu Minggu anda menggunakan KRL, anda akan bisa berdiri di KRL tanpa berpegangan.
2. Dua Minggu anda menggunakan KRL, anda akan bisa tidur sambil melakukan nomor 1



Sebenarnya sudah lama saya ingin menuliskan tentang hasil pengamatan saya selama menggunakan kereta rel listrik. Transportasi publik ini menjadi favorit untuk kalangan komuter yang tinggal di sekitar Jakarta tetapi bekerja di Jakarta.

Selama di KRL saya suka memperhatikan orang- orang, memandang berkeliling. Selama kurang lebih satu tahun saya naik KRL saya menemukan hal- hal yang menarik.

Penampilan

Dari pengamatan saya tentang penampilan, saya melihat kesamaan seperti ini:
1. Kalau orang tersebut penampilannya keliatan elite, kemungkinan besar dia karyawan swasta
2. Kalau orang tersebut penampilannya keliatan elite tapi norak, kemungkinan besar dia pegawai negeri sipil
3. Kalau orang tersebut penampilannya keliatan elite tapi norak dan berjanggut, kemungkinan besar dia ah, sudahlah.

Affair

Jika anda cukup jeli, anda akan menemukan cukup banyak yang menjadikan kereta sebagai tempat affair. Ciri- ciri mereka adalah mesra tetapi tidak terlihat seperti sepasang pacar atau suami istri, sikap mereka waspada dan was- was. Mungkin takut ketahuan.

Frekuensi Naik KRL

Biasanya orang- orang naik kereta di jam yang sama dan gerbong yang sama, jadi sesama penumpang KRL biasanya saling kenal, bahkan diantaranya sampai ada yang bikin arisan rutin. Jadi jika ada orang lain yang tidak terbiasa naik gerbong tersebut bisa langsung diidentifikasi oleh mereka. Biasanya orang- orang akan memperhatikan orang baru tersebut. Waspada siapa tahu orang baru tersebut berniat tidak baik. Karena saya termasuk orang yang naik KRL dengan jam dan gerbong yang berbeda-beda. Cukup sering orang- orang waspada terhadap saya.

Saran untuk Orang yang Pertama Kali Naik KRL

Ketika anda sudah cukup sering naik KRL anda akan mencapai tahapan dimana anda bisa berdiri di KRL tanpa berpegangan. Bahkan beberapa diantaranya bisa melakukannya sambil tidur. Saya termasuk yang tidak bisa melakukannya. Awalnya mungkin anda akan sulit berdiri tanpa berpegangan, tapi lama kelamaan tubuh anda secara otomatis akan menyesuaikan posisi yang jika tidak anda lawan akan menjadi posisi yang ideal untuk berdiri selama anda di KRL tanpa berpegangan. Waktu anda untuk bisa menemukan posisi yang pas ini kira2 sekitar 1 minggu tergantung kemampuan adaptasi anda.

Jika anda malas menunggu tubuh anda menemukan posisi ideal anda, saya ada sedikit tips agar posisi badan anda ideal dan bisa berdiri tanpa berpegangan.
1. letakkan satu kaki anda kedepan. saya biasanya kaki kiri saya ke depan
2. tekuk kedua lutut anda
3. silahkan nikmati perjalanan anda dan tetap waspada

Etika Naik KRL

Katanya kita adalah orang timur yang menjunjung tinggi etika. Untuk melestarikan hal yang baik ini, kiranya kita bisa melakukan hal- hal yang beretika:

1. Dahulukan penumpang yang keluar/ turun

Terlihat sepele, tapi jika anda pernah naik KRL pada saat jam pulang kantor dari stasiun keberangkatan pertama. Anda akan melihat fenomena yang menarik dimana dua kumpulan massa beradu antara penumpang yang akan turun dengan penumpang yang akan naik kereta

2. Jika anda akan turun untuk stasiun yang jauh, masuk ke dalam
Untuk satu ini memang agak sulit. Terutama jika kereta udah penuh

3. Berikan tempat duduk untuk ibu hamil, ibu membawa bayi/ anak, maupun orang tua

4. Jangan mengobrol terlalu keras terutama jam pulang kerja
Sebab orang di sekitar anda sudah capek setelah seharian kerja. naik kereta penuh sesak ditambah harus mendengarkan obrolan tidak penting dari anda.

5. Jangan merokok, duduk di bawah, berjualan, mengamen

6. Jangan membawa binatang, baik itu binatang peliharaan apalagi binatang ternak.
Kutu rambut juga jangan, saya pernah setelah berdiri dekat bapak-bapak, rambut saya jadi gatal- gatal.
Eh, kutu rambut termasuk binatang peliharaan bukan ya?

7. Cepat Pulang
Ingat keluarga anda menunggu di rumah. Untuk kasus saya, istri saya +mira rosida dan anak kami menunggu di rumah.


Demikian Tips and Trick naik KRL, ada yang mau menambahkan?

1 comment: